Final Exam Part 1

11 Dec

Business Digital

Pada UAS kali ini, saya akan membuat sebuah ide bisnis digital yang baru, kreatif, dan mudah-mudahan innovative. Walaupun mungkin ide ini agak sedikit menghayal, tapi apa salahnya menghayal? Banyak brand inovatif yang lahir dari sekedar menghayal kan?

RemindMe

RemindMe adalah sebuah applikasi yang dapat membantu para penggunanya untuk mengingat hal-hal penting yang sebelumnya sudah dituliskan pada handphone atau smartphone.

Mungkin sepintas RemindMe ini mirip dengan aplikasi kalender yang dilengkapi dengan pengingat pada handphone. Namun RemindMe menawarkan cara yang berbeda untuk membantu pengguna mengingat hal-hal penting.

Setelah pengguna menuliskan pada tanggal berapa dan jam berapa akan diingatkan oleh RemindMe, pengguna dapat memili mode apa yang akan digunakan. Terdapat beberapa mode, yaitu:

1.Mode Getar

Seperti reminder pada umumnya, handphone akan bergetar pada jam dan tanggal yang diinginkan.

2.Mode RingTone

Sebuah ringtone akan dimainkan pada jam dan tanggal yang diinginkan

3.Mode SUARA

Mode suara ini adalah mode terbaru yang ditawarkan oleh RemindMe yang berbeda dari alat pengingat yang pernah ada sebelumnya. Setelah memasukan jam dan tanggal yang diinginkan, pengguna dapat merekam suaranya sendiri, baik berteriak, bernyanyi, atau apapun. Hal ini dapat lebih membantu pengguna untuk mengingat hal-hal yang harus dilakukan. Bisa saja apabila membuat janji dengan pacar, pengguna merekam suara pacarnya yang marah-marah dan dimainkan pada saat janjian sehingga pengguna merasa dimarahin sama pacarnya apabila tidak ingat juga hihihi.

Selain Mode baru, ada hal lain yang ditawarkan oleh RemindMe, yaitu integrasi. Pengguna dapat mengintegrasikan RemindMe di handphonenya dengan RemindMe di handphone orang lain, sehingga orang lain juga dapat mengingatkannya. Contoh:

Andi ingin membuat RemindMe bahwa ia harus dating ke kampus pada jam 9 pagi tanggal 11 Desember untuk mengambil KSM. Karena Andi orangnya sangat pelupa, andi memasukan RemindMe Rina (Pacar Andi) ke dalam Reminder tersebut, sehingga pada saat Andi tetap tidak ingat setelah RemindMe mengingatkannya, RemindMe akan mengirimkan notifikasi kepada Rina untuk mengingatkan Andi bahwa pada hari tersebut Andi harus ke kampus.

Mudah bukan?

Aplikasi ini dapat di download dengan mudah di setiap smartphone yang memiliki paket data internet layanan, karena program aplikasi RemindMe selalu terhubung ke Internet.

Berikut ini adalah bisnis model dari aplikasi RemindMe:

Keterangan:

Offers adalah apa yang ditawarkan oleh produk baru ini, seperti bisa dilihat, yang ada di dalam bisnis model ini adalah rangkuman dari penjabaran panjang diatas hehehe.

Pada tabel ini, disebelah kiri offers adalah dalam company dan di sebelah kanan offers adalah hubungan dengan customer.

Kanan Offers:

Customer relationship adalah bagaimana cara kita menjaga hubungan baik dengan pelanggan.

Channels adalah perantara kita dalam memasarkan produk baru ini.

Customer Segmen adalah customer yang kita tuju.

Revenue Streams adalah dari mana revenue kita berasal.

Kiri Offers:

Key Activities adalah inti aktivitas dari produk baru ini.

Key Partner adalah lembaga-lembaga yang kita ajak bekerja sama untuk membuat atau mewujudkan produk ini.

Key Resource adalah orang-orang di dalam company yang menjalankan dan membuat produk ini.

Cost Structure adalah biaya yang dikeluarkan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: