Creating Creative Business Seminar by Ridwan Kamil

22 Sep

It’s been a while since the last post ya, karena emang belum ada tuntutan tugas lagi dari Pak Apiq maupun Kak Bayu hehe. Ya ya blog ini emang (untuk saat ini) murni diperuntukan untuk kuliahan jadi yah gini, kalau ga ada tugas ya ga nulis.

Kelas CI dua minggu yang lalu, Pak Apiq menyampaikan bahwa kami akan ada kuliah luar. Cukup bete awalnya pas tau kuliah luar ini ternyata diadain di hari Sabtu dan ternyata keluarnya pun ga cukup jauh, cuma dari gedung SBM geser dikit ke Comlabs. Bete iya bete awalnya, tapi pas dikasih tau kalau pembicara pada kuliah luar ini adalah Pak Ridwan Kamil, dumelan bete ini berubah menjadi semangat.

Pak Ridwan Kamil sebenarnya sudah pernah memberikan kuliah saat saya berada di tingkat dua, kuliah Entrepreneurship. Saya sangat tertarik dengan betapa kreatifnya Pak Ridwan ini menurut saya, sehingga pasti sangat menyenangkan bila diberikan kesempatan untuk mendengar kuliah dari beliau lagi.

Berikut ini beberapa poin yang saya dapatkan dari seminar yang bertajuk:

“Creating Creative Business by Ridwan Kamil”

Pak Ridwan Kamil menyampaikan bahwa sebenarnya sangat mudah untuk memulai sebuah bisnis, karena bisnis berasal dari sebuah ide yang diperkaya oleh kreatifitas dan imajinasi. Warga Indonesia, terutama Bandung, sebenarnya sudah cukup kreatif, namun kenapa Industri kreatif kita tidak berjalan? Ya, karena uang. Sangat susah bagi seseorang yang ingin start up bisnis kreatif di Indonesia untuk mendapatkan pinjaman modal.

Padahal, sangat mudah untuk bisa membangun suatu daerah untuk menjadi industri kreatif. Cukup dengan 3 syarat, yaitu:

  1. Talent, siapa bilang orang kreatif tidak butuh pendidikan. Untuk membangun sebuah industri kreatif, dibutuhkan orang-orang yang berpendidikan dan memiliki cukup ilmu.
  2. Tolerant, dapat menerima perbedaan dan melihat dari sudut pandang yang positif
  3. Technology, teknologinya sudah maju, tidak “buta” teknologi.

Di Amerika Serikat, sedang marak dimana pemuda yang biasa-biasa saja, mendadak menjadi jutawan karena menggunakan dan mengaplikasikan kreatifitasnya kepada wadah yang tepat.

How to being creative entrepreneur?

  • Innovative
  • Risk Taker
  • Visionary
  • Strong Leadership
  • Problem Solver
  • Agent of Change

A few tips from Ridwan Kamil to start the creative business (based by his experience):

  • Observe, amati dunia disekitar anda. Bacalah dunia dengan membaca buku, bergaul, dan travelling. Dapatkan inspirasi dari lingkungan sekitar anda.
  • Select, pilih apa yang ingin anda lakukan dan tekuni
  • Think Different, cobalah untuk melakukan apa yang belum dilakukan orang lain. Lakukan hal yang sebenarnya sama dari sudut pandang yang berbeda
  • Make Plan, susun strategi dan rencana
  • Scalable
  • Design/Technology
  • Networking
  • Innovative Marketing

Diatas adalah beberapa poin yang saya dapatkan dan insyaallah bisa saya gunakan dalam kehidupan saya kelak. Selain poin diatas, saya juga sempat menangkap beberapa quotes yang diucapkan dan dilampirkan di slide presentasi Pak Ridwan Kamil:

Imagination is the soul of creativity

Networking is everything

So, that’s it. I think that’s all what i got from the presentation. Semoga berguna bagi pembaca dan semoga berguna bagi saya juga kelak.

 

See you when i see you,

Falenoo

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: