Bisnis Model yang Tertinggal

13 Dec

Maafkan saya, ini ada satu bisnis model yang kelupaan hehee

Suatu hari, saya dan teman-teman kelas Creativity and Innovation mendapat mandat untuk membuat business model dari applikasi google goggles, apakah itu??

Hoke, jadi google goggles adalah sebuah aplikasi yang diluncurkan oleh google (tentunya) yang masih berfungsii sama yaitu mesin pencari informasi. Si google goggles ini bisa dipakai di handphone terkini dengan kamera. Konsepnya cukup unik dan agak mirip dengan scan barcode pada BB, tapi pada google goggles, pengguna bisa mengcapture gambar yang ingin ia cari tahu informasinya menggunakan kamera handphonenya lalu masukan google goggles and voila, keluarlah informasi mengenai ben

da tersebut, menarik yah 🙂

So, ini adalah bisnis model yang saya rancang untuk google goggles:

Oke, sekian postingan dari saya mengenai bisnis model dari google goggles, semoga berguna bagi yang membutuhkan.

 

Terima Kasih

@falenoo

 

Advertisements

Final Exam Part 2

11 Dec

Selama kurang lebih 6 bulan ini, saya menjalani kuliah di semester 7 dan diramaikan dengan mata kuliah Creativity and Innovation. Alhamdulillah akan segera berakhir minggu depan, mudah-mudahan hasilnya baik.

Sebagai tugas terkahir dari Paman Apiq, saya akan memberikan pesan kesan feedback dan apa yang saya dapatkan selama satu semester ini di mata kuliah Creativity and Innovation.

Berpikir cepat dan melihat peluang

Melaui mata kuliah creativity and innovation saya menjadi bisa berpikir lebih cepat dan melihat segala peuang dan kemungkinan yang ada dari setiap masalah. Saya menjadi lebih peka terhadap segala situasi.

Lebih berekspresi

Dengan tugas blog, saya merasa bisa lebih mengekspresikan apa yang saya pikirkan melalui tulisan. Disini saya jadi lebih berikir bagaimana cara membuat tulisan yang baik agar menarik dibaca oleh khalayak luas. Selain itu, saya jadi belajar menggunakan wordpress, setelah sebelumnya saya hanya bisa mengoprasikan blogger. Siapa tau suatu hari nanti saya akan bisa memanfaatkan wordpress untuk hal-hal yang bermanfaat.

Mendapatkan Informasi Mengenai Dunia Kreatif

Sebelumnya saya buta sekali dengan bisnis kreatif sampai akhirnya ikut kuliah ini. Setiap minggunya paman selalu berbagi tentang ilmu-ilmu kreatif yang diketahinya. Saya juga jadi tertarik untuk menggogling tentang bisnis kreatif tersebut dan memperoleh informasi-informasi baru yang sangat menarik.

Bisnis Model dan SCAMPER

Sebenarnya SCAMPER sudah pernah dipelajari sih di kuliah Entrepreneurship, tapi berkat kuliah ini saya kembali mengingat dan mengaplikasikan SCAMPER yang tadinya sudah hampir terlupakan, padahal SCAMPER ini penting sekali. Bisnis model juga demikian. Menurut saya bisnis model ini penting sekali untuk diketahui oleh entrepreneur yang akan running bisnis. Terima kasih sekali pak Apik dan kak Bayu yang sudah mengajarkan bisnis model.

Team Work

Ada beberapa tugas CI yang harus dikerjakan secara berkelompok. Melalui tugas-tugas ini, saya belajar untuk menyatukan pikiran dan menyamakan pendapat bersama teman-teman seperjuangan hehehe.

Mengetahui cara cepat untuk mengingat

Paman Apik sempat member tugas untuk mengingat nama 20 orang berpengaruh di dunia melalu jembatan keledai. Well, pak buat UAS saya memakai metode yang demikian untuk menghapal beberapa teori di mata kuliah HCM. Hehehehee..

Mengasah kemampuan untuk mempresentasikan ide

Sebelumnya, saya selalu malu untuk mengutarakan ide-ide yang kadang bersifat agak mengahayal kepada teman-teman. Namun di mata kuliah ini malah saya wajib untuk mempresentasikannya, sekarang saya jadi lebih berani mengutarakan ide.

Bangun Pagi

Secara CI ini kuliah saya yang paling pagi di semester 7 hehehee, jadi saya harus kembali membiasakan diri bangun pagi seperti dikala SMA. Walaupun kadang agak telambat, buru-buru lari naik ojek, tapi lumayan untuk mengasah skill bangun pagi.

Terakhir, diakhir semester ini saya mau ngucapin terima kasih kepada Pak Apiq dan Kak Bayu yang sudah membimbing saya dan teman-teman selama satu semester ini. Walaupun kita suka berisik dan banyak tingkah, tapi tetep sabar juga menghadapi kita hihi.

Selain itu saya juga minta maaf kalau beberapa kali ga masuk gara-gara sakit dan telat bangun, maaf juga kalau suka berisik di kelas, atau bahkan tidur.

TERIMA KASIH PAK APIQ DAN KAK BAYU 🙂

Final Exam Part 1

11 Dec

Business Digital

Pada UAS kali ini, saya akan membuat sebuah ide bisnis digital yang baru, kreatif, dan mudah-mudahan innovative. Walaupun mungkin ide ini agak sedikit menghayal, tapi apa salahnya menghayal? Banyak brand inovatif yang lahir dari sekedar menghayal kan?

RemindMe

RemindMe adalah sebuah applikasi yang dapat membantu para penggunanya untuk mengingat hal-hal penting yang sebelumnya sudah dituliskan pada handphone atau smartphone.

Mungkin sepintas RemindMe ini mirip dengan aplikasi kalender yang dilengkapi dengan pengingat pada handphone. Namun RemindMe menawarkan cara yang berbeda untuk membantu pengguna mengingat hal-hal penting.

Setelah pengguna menuliskan pada tanggal berapa dan jam berapa akan diingatkan oleh RemindMe, pengguna dapat memili mode apa yang akan digunakan. Terdapat beberapa mode, yaitu:

1.Mode Getar

Seperti reminder pada umumnya, handphone akan bergetar pada jam dan tanggal yang diinginkan.

2.Mode RingTone

Sebuah ringtone akan dimainkan pada jam dan tanggal yang diinginkan

3.Mode SUARA

Mode suara ini adalah mode terbaru yang ditawarkan oleh RemindMe yang berbeda dari alat pengingat yang pernah ada sebelumnya. Setelah memasukan jam dan tanggal yang diinginkan, pengguna dapat merekam suaranya sendiri, baik berteriak, bernyanyi, atau apapun. Hal ini dapat lebih membantu pengguna untuk mengingat hal-hal yang harus dilakukan. Bisa saja apabila membuat janji dengan pacar, pengguna merekam suara pacarnya yang marah-marah dan dimainkan pada saat janjian sehingga pengguna merasa dimarahin sama pacarnya apabila tidak ingat juga hihihi.

Selain Mode baru, ada hal lain yang ditawarkan oleh RemindMe, yaitu integrasi. Pengguna dapat mengintegrasikan RemindMe di handphonenya dengan RemindMe di handphone orang lain, sehingga orang lain juga dapat mengingatkannya. Contoh:

Andi ingin membuat RemindMe bahwa ia harus dating ke kampus pada jam 9 pagi tanggal 11 Desember untuk mengambil KSM. Karena Andi orangnya sangat pelupa, andi memasukan RemindMe Rina (Pacar Andi) ke dalam Reminder tersebut, sehingga pada saat Andi tetap tidak ingat setelah RemindMe mengingatkannya, RemindMe akan mengirimkan notifikasi kepada Rina untuk mengingatkan Andi bahwa pada hari tersebut Andi harus ke kampus.

Mudah bukan?

Aplikasi ini dapat di download dengan mudah di setiap smartphone yang memiliki paket data internet layanan, karena program aplikasi RemindMe selalu terhubung ke Internet.

Berikut ini adalah bisnis model dari aplikasi RemindMe:

Keterangan:

Offers adalah apa yang ditawarkan oleh produk baru ini, seperti bisa dilihat, yang ada di dalam bisnis model ini adalah rangkuman dari penjabaran panjang diatas hehehe.

Pada tabel ini, disebelah kiri offers adalah dalam company dan di sebelah kanan offers adalah hubungan dengan customer.

Kanan Offers:

Customer relationship adalah bagaimana cara kita menjaga hubungan baik dengan pelanggan.

Channels adalah perantara kita dalam memasarkan produk baru ini.

Customer Segmen adalah customer yang kita tuju.

Revenue Streams adalah dari mana revenue kita berasal.

Kiri Offers:

Key Activities adalah inti aktivitas dari produk baru ini.

Key Partner adalah lembaga-lembaga yang kita ajak bekerja sama untuk membuat atau mewujudkan produk ini.

Key Resource adalah orang-orang di dalam company yang menjalankan dan membuat produk ini.

Cost Structure adalah biaya yang dikeluarkan.

Business Model

29 Nov

Tabel diatas adalah bentuk business model yang saya dan kelompok buat saat pelajaran Creativity and Innovation.

Kami membuat inovasi baru berupa channel TV khusus untuk pencita kuliner di tanah air.

Ini adalah business model yang kami coba rumuskan, selamat menikmati 🙂

@Falenoo

Why Why oh Why

28 Nov

Hidup Bahagia..

 

5W1H dari Hidup Bahagia adalah..

What: Apasih arti hidup bahagia?

Hidup bahagia adalah memperoleh kesenangan dan kepuasan

Who: Siapa yang hidup bahagia?

Semua mahluk hidup bisa kok hidup bahagia

Where: Dimana hidup bahagia?

Dimana saja bisa, dunia maupun akhirat

When: Kapan hidup bahagia?

Saat kita sudah memperoleh apa yang kita inginkan dan apa yang menjadi tujuan dalam hidup

Why: Kenapa hidup bahagia?

Karena dengan hidup bahagia, kita dapat menikmati hidup dan enjoy dalam menjalaninya

How: Bagaimana cara hidup bahagia?

Dengan menjalani hidup sebaik mungkin dan melakukan yang terbaik di segala aktivitas

 

5Why dari Hidup Bahagia

Why?

Karena dengan hidup bahagia, kita dapat menikmati hidup dan enjoy menjalaninya

Why?

Karena apabila kita menikmati dan enjoy dalam hidup, kita bisa maksimal dalam mengerjakan segala sesuatunya

Why?

Bila kita maksimal dalam mengerjakan segala sesuatu, kita bisa meraih kesuksesan dalam hidup

Why?

Karena bila memperoleh kesuksesan dalam hidup, kita bisa mencapai apa yang kita inginkan

Why?

Karena apa bila kita bisa mencapai apa yang kita inginkan, kita akan HIDUP BAHAGIA

 

 

 

Kemampuan Mengingat

21 Nov

Inget ga pernah bikin jembatan keledai buat menghapal sesuatu saat SMA dulu? Misalnya menghapal deret volta di kimia yang banyaknya ngga kira-kira, atau menghapal kimia golongan IA dalam tabel periodik?

Golongan IA di tabel periodik adalah: H Li Na K Rb Cs Fr

Kenapa saya masih ingat? Karena dulu pada saat SMA, saya dan teman-teman saya membuat hapalan mengenai ini dengan cara yang unik, kreatif, dan dekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Saya mengingatnya dengan: Halina Kawin Ruby CS Frustasi. Unik dan mudah diingat bukan?

Bagaimana dengan nama orang? Bisa ga ya dihapal dengan menggunakan jembatan keledai semacam ini? Tentu bisa dong. Berikut ini ada nama 20 pria paling berpengaruh di dunia.

  1. Muhammad
  2. Isac Newton
  3. Jesus Christ
  4. Buddha
  5. Confucius
  6. St. Paul
  7. Tsai Lun
  8. Johan Guttenburg
  9. Christopher Colombus
  10. Albert Einstein
  11. Louis Pasteur
  12. Galileo Galilee
  13. Aristotle
  14. Euclid
  15. Moses
  16. Charles Darwin
  17. Huang
  18. Caesar
  19. Copernicus
  20. Lauren

Pada hari kuliah creativity and innovation, saya dan kelompok membuat sebuah cerita yang lumayan humoris dan sangat mudah diingat dari orang-orang ini. Dan pada postingan ini, saya akan berusaha untuk membuat versi saya sendiri.

Pada saat RATU hendak ke pasar, beliau bertemu dengan MUHAMMAD

Dan beliau mengajaknya ke GUA tempat tinggal Newton

Disana mereka terkejut, mengapa ada RAGA YESUS di TEMPAT sang BUDDHA seharusnya berbaring?

Setelah mendengar penjelasan panjang, akhirnya mereka bisa TERIMA, dari pada jadi CONFUSE (Conficious)

Setelah bingung dan keluar, mereka mendengar lagu SENAM, oh ternyata PAK ULI (St. Pauli) toh

Mereka mengajaknya untuk meLAJU ke pasar tempat TSAI LUN berdagang

Dalam perjalanan, ternyata lagi ada BALAPAN yang keren BERG (Gutenberg)

Akhirnya mereka nonton sambil makan CEMILAN yang beli di ayam COLOMBUS

Tiba-tiba ada SESEPUH mirip EINSTEIN yang menyapa mereka dan ikut nonton bareng

Katanya dia SEBEL banget, gara-gara acara ini, keluar tol PASTEUR jadi macet banget

Keselnya jadi DOBEL pas tau kuis GALILEO di TV ditiadakan gara-gara acara ini

Biar ga kesel, akhirnya mereka beliin nasi TIMBEL sembari si sepuh ngoceg tentang TOTOL (Aristotle) macan

Yang ada di dalam buku FABEL, katanya sih macannya berLIPID (Euclid) di totolnya

Setelah puas dan kenyang, mereka lanjut ke toko MEBEL buat beli kursi titipan bang MOSES

Pas mau pulang, eeeh bannya kempes, jadi harus NAMBAL deh, mana duit abis buat beli kursi, untung ada DARWIN yang dating ngasih duit

Mana antriannya beJUBEL, bikin haus, jadi aja beli LIANG TI (HUANG TI)

Eits, untung kita liat-liat dulu nih LABELnya, ternya tehnya basi AGUSTUS lalu

Udah aja abangnya kita lemparin SAMBEL sampe KOPER, terbang semua ke si abangnya

Sepulangnya dari perjalanan panjang ini, mereka terduduk diam di DAPUL (dapur) sambil mikirin hokum LAVOISIER

 

Yang Ratu itu Satu, Gua itu Dua, dst.

Maaf yah kalo rada maksa, tugas hanyalah tugas hehehehe…

Thank a lot, semoga metode menghapal macam ini berguna untuk pelajar dan mahasiswa diluar sana hehehehehe :p

 

Piss Love and Gaul

FALENOO

Kreativitas dan Inovasi dalam Bisnis Digital

8 Nov
Selasa, 25 Oktober 2011
Tutorial 3C gedung SBM ITB
Kuliah Creativity and Innovation 
Dosen tamu: Budi Rahardjo
Beliau menyebut dirinya sebagai Budi Rahardjo versi 3.3 dari buku The World is Flat, karena menurut buku The World is Flat:
  1. Globalisasi 1.0 adalah zaman penjajahan. Pada zaman ini kekuasaan menjadi segala-galanya.
  2. Globalisasi 2.0 adalah zaman dimana multinational company berjaya dan zaman dimana warga negara dan individu menjadi tidak penting. Yang penting adalah jabatan.
  3. Globalisasi 3.0 adalah zaman dimana individu menjadi penting dan mementingkan dirinya.

Maka Bapak Rudi Rahardjo yang sekarang adalah Bapak Budi yang sudah tekena dapak globalisasi 3.0 dan sudah 3 kali bertransformasi. Maka jadilah Budi Rahardjo 3.3

Bapak Budi Rahardjo memiliki sebuah website http://budi.insan.co.id dan dua buah blog yaitu http://gbt.blogspot.com dan http://rahard.wordpress.com

Lesson Learned

Dunia digital adalah dunia yang memiliki kualitas yang baik dalam hal storage dan penyimpanan data, namun dunia digital memiliki kualitas yang cukup buruk dalam segi gambar dan suara. Gambar dalam dunia digital dibagi dan dipecah dalam ratusan atau bahkan ribuan pixel yang menyebabkan gambar akan menjadi pecah ketika diperbesar.

Namun dari segi harga, digital sangat unggul dibandingkan dengan manual. Sehingga banyak industri manual yang beralih ke dunia digital demi mendapatkan profit dan kemudahan yang jauh lebih baik dari pada manual.

“Perangkat menjadi lebih kecil, lebih cepat, dan jadi lebih murah”

-Budi Rahardjo

Efek dari dunia digital sedikit banyak mengacaukan teknologi. Perkembangan dunia digital dan perangkatnya berkembang terlalu pesat sehingga sulit untuk diikuti. Dalam 18 bulan saja, teknologi mampu meningkat kemampuannya sebesar 2 kali lipat dan harganya akan turun sebanyak setengah.

Namun para pebisnis digital ini menganut prinsip dari Chris Anderson “Long Tail” yaitu mengambil keuntungan dari keuntungan yang sedikit-sedikit namun berkelanjutan sehingga lama kelamaan menumpuk profit yang besar.

“you don’t have to work for the rest of your life, you have to play”

-Budi Rahardjo

Kreatif sangat dekat dengan depresi. Sehingga banyak orang kreatif yang tidak bisa menghasilkan ide kreatif dan menyebabkan mereka menjadi deprsi. Disaat depresi, mereka akan lari kepada obat-obatan, rokok, atau ganja yang dapat menenangkan dan menimbulkan ide-ide brilian untuk sesaat namun sesungguhnya merusak mereka dari dalam. Jika hal-hal ini sudah tidak membantu, banyak orang kreatif yang akhirnya bunuh diri karena merasa malu dan tidak produktif.